Selasa, 29 Mei 2012

Membuat Program Baca File TXT dalam Java

Assalammu'alaikum....

Pada Kesempatan kali ini, mari kita bersama-sama membahas tentang bagaimana cara melakukan pembacaan data dari/ke dalam file dengan batuan stream.

Pada dasarnya terdapat dua buah Stream yang paling sering digunakan untuk melakukan proses pembacaan/penulisan data dari/ke dalam file, yaitu: FileInputStream (untuk membaca data) dan FileOutputStream(untuk menulis data). keduanya ini akan membentuk stream byte yang terhubung ke sebuah file. Untuk membuka file, kita harus membentuk objek dari salah satu kelas stream tersebut dengan menyertakan nama file sebagai argumen pada constructornya. construktor dari kedua kelas tersebut di overload menjadi beberapa constructor, akan tetapi di sini kita hanya akan menggunakan bentuk berikut :

FileInputStream(String fileName) throws FileNotFoundException
FileOutputStream(String fileName) throws FileNotFoundException

Pada constructor di atas ada fileName, fileName tersebut menunjukkan nama file akan dibuka. Pada saat menggunakan stream input, apabila file tidak ditemukan maka kedua constructor di atas akan membangkitkan eksepsi FileNotFoundException sedangkan pada saat menggunakan stream output, eksepsi tersebut akan dimunculkan bila file output tidak dapat terbentuk/terbuat. Apabila terdapat file dengan nama sama di dalam direktori tempat file dibuat/dibuka, maka file lama akan ditimpa.

Nah... Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saja implementasikan ke dalam sebuah program.
berikut ini langkah-langkahnya :

1. Buat terlebih dahulu file TXT dengan menggunakan Notepad. Lalu ketikkan kalimat yang rekan inginkan.

Notepad
2. setelah itu, simpan dengan nama galih.txt atau bebas sesuai dengan keinginan rekan-rekan. Ingat simpan file tersebut pada drive d.
Notepad
3. lalu, buka aplikasi netbeans. Buat project baru dan class baru dengan nama bebas.
Loading NetBeans
4. setelah itu rekan-rekan dapat menuliskan listing program seperti pada gambar di bawah ini :
Netbeans
 5. Kemudian RUN FILE tersebut. Maka akan keluar tampilan output sebagai berikut :
Netbeans

PENJELASAN :
Perlu diperhatikan oleh rekan-rekan bersama, bahwasanya tampilan output pada netbeans sama persis dengan yang ada pada file txt. Dengan kata lain, program di atas menampilkan data/isi dari file galih.txt yang terdapat pada drive d.


NetBeans
Listing di atas adalah pada dasarnya listing untuk membuka file
Netbeans
sedangkan listing di atas berikutnya adalah listing program membaca data dari dalam file dan menampilkan hasilnya ke layar console.

selanjutnya, setelah kita selesai menggunakan stream yang terhubung dengan file, maka stream tersebut seharusnya kita tutup dengan menggunakan method close(). seperti pada listing di bawah ini
Nah itulah mungkin pembahasan kita dalam bagaimana cara membaca file dalam bahasa pemrograman Java.
 Jika ada yang ditanyakan silahkan komentar.
Terima Kasih,

3 komentar:

  1. Bgamna menambahkan fungsi scanner. Misalnya mencari kata di dalam teks yg kita buat dan jika terdapat kata yg salah di ketik maka akan di tampilkan kata yang sesuai/benar.

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak, sangat membantu :D

    BalasHapus