Minggu, 27 Mei 2012

Penggunan Statement Continue dalam Bahasa Pemrograman JAVA

Bahasan kali ini ialah tentang Penggunaan Statement Continue dalam Bahasa Pemrograman JAVA. Pada dasarnya Statement continue ini merupakan salah satu dari Statement peloncatan yang digunakan untuk mengontrol jalannya program. Dengan kata lain, untuk memindahkan eksekusi program ke baris kode yang kita kehendaki.

Di dalam bahasa pemrograman JAVA statement peloncatan ini terbagi menjadi 3 (tiga) bagian:

  1. break
  2. continue
  3. return
Dalam JAVA statement continue memiliki kegunaan yaitu memaksa program untuk melakukan/melanjutkan proses pengulangan (looping). Ya kalau mudahnya sih statement continue itu kebalikan dari statement break.

Untuk itu mari kita bersama-sama latihan menggunakan statement continue,
langkah 1 : tuliskan listing program seperti pada gambar di bawah ini :

langkah 2 : Run File tersebut. Maka akan muncul tampilan output sebagai berikut :
mari bersama-sama kita analisis listing program di atas:
Pada kode di atas, program tersebut akan memeriksa apakah nilai i tersebut genap atau ganjil. Jika nilai i genap, maka program akan mencetak nilai i yang selanjutnya di sebelah kanan nilai i yang sedang aktif. Sedangkan jika ganjil, maka program akan mencetak nilai i yang selanjutnya di bagian bawah nilai i yang sekarang. Lalu timbul pertanyaan " Untuk Apa sih statement Continue di atas?"
Statement Continue di atas berguna untuk melanjutkan proses pengulangan tanpa mengeksekusi statemen-statemen yang terdapat di bawahnya.

Artinya : pada saat i bernilai genap, program tidak akan mengeksekusi statement berikut :




yang akan mengakibatkan nilai i selanjutnya tidak akan dicetak di bagian bawah, melainkan sebelah kanan, dan program akan kembali ke bagian awal blok perulangan. begitu seterusnya sampai akhirnya kondisi sudah tidak terpenuhi lagi (bernilai false).

referensi : buku mudah belajar JAVA


0 komentar:

Posting Komentar