Senin, 24 Juni 2013

Padmanaba Perkenalkan Layanan Kesehatan Berbasis Komputasi Awan

galih library
Ilustrasi : Cloud Computing
JAKARTA - Padmanaba, sebuah jejaring layanan kesehatan berbasis teknologi komputasi awan, mulai diperkenalkan di Indonesia.

Padmanaba yang merupakan jejaring yang dibentuk oleh alumni SMA Negeri 3 Yogyakarta ini, mulai diperkenalkan di Kementerian Kesehatan, (23/6/2013) kemarin.

Melalui inovasi awan kesehatan, diharapkan peningkatan kualitas layanan kesehatan yang dibangun, dapat memudahkan pasien atau orang sehat mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah, cepat dan murah.

Komponen pelayanan kesehatan meliputi, dokter, rumah sakit, klinik, apotik, puskesmas hingga tempat olahraga dan masalah gizi/kuliner sehat.

Selanjutnya antara komponen kesehatan tersebut diharapkan dapat berkomunikasi dengan cepat, dan bisa berkolaborasi untuk merawat atau menjaga kesehatan.

Dengan konsep ini diharapkan orang yang sehat tetap bisa mendapatkan informasi atau layanan kesahatan, melalui informasi dan monitoring yang terus menerus.

Sementara yang sedang sakit bisa mendapatkan layanan yang cepat, mudah dan sesuai dengan kemampuannya. Konsepnya juga tentu digabungkan dengan asuransi atau bantuan kesehatan dari pemerintah.

Konsep ini masih tahap awal sehingga bisa memberikan kemudahan pasien untuk mencari penyembaran lokasi pelayanan kesehatan yang selanjutnya masyarakat bisa melakukan pendaftaran , maupun nantinya layanan dan konsultasi jarak jauh.

Kinerja pelayanan kesehatan juga bisa dilihat, sehingga pemerintah bisa segera mengambil respon terhadapa layanan kesehatan yang ada.

Sekjen Kemenkes Supriyantoro menilai dengan adanya awan kesehatan ini seluruh entitas kesehatan akan lebih terintegrasi, efektif, dan efisien dalam memberikan layanan kesehatan dan masyarakat dapat merasakan pelayanan yang optimal.

Jejaring ini akan sangat bermanfaat untuk personal dan institusi pemerintahan sebagai rekomendasi informasi kesehatan nasional. Akan lebih banyak kemuda. “Jika kemudahan dan kepastian yang ditawarkan, maka masyarakat akan lebih peduli pada kesehatan,” ujar Supriyanto.

Dengan menyediakan informasi yang lengkap, akurat, dan mudah diakses, masyarakat memiliki kemudahan dan kepastian dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang dibutuhkan sebelum mengambil keputusan instansi pelayanan mana yang akan dikunjungi dan dipercaya.

Semakin banyak instansi pelayanan kesehatan yang tergabung dalam awankesehatan.com akan semakin memudahkan masyarakat dalam memperoleh kepastian pelayanan kesehatan, juga memberikan kesempatan yang sama dalam memilih layanan yang dibutuhkan. Hal ini dapat mengembalikan rasa nyaman dan rasa percaya masyarakat.

Dalam waktu dekan inovasi tersebut akan segera diluncurkan (Hard Lunching). Pengembangan www.awankesehatan.com masih terbuka untuk dikerja-samakan dengan organisasi lain yang tertarik berkonstribusi dalam peningkatan layanan kesehatan di Indonesia.

sumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar