Assalammu'alaikum...
Pada Kesempatan kali ini, marilah kita bersama-sama membuat sebuah aplikasi Animasi pada Canvas dalam J2ME. pada dasarnya animasi itu adalah bentuk dinamisasi tampilan terhadap waktu.
Pada Aplikasi ini kita membutuhkan 2 kelas yang berbeda.
kelas pertama bernama Animasi1.java dan kelas yang kedua bernama Animasi2.java.
berikut Listing program  Animasi1.java
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
/**
 * @author Galih Abdul Fatah
 */
public class Animasi1 extends MIDlet implements CommandListener {
    private Display layar;
    private Animasi2 animasi2;
    private Command keluar=new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
    public Animasi1(){
        animasi2=new Animasi2();
        animasi2.addCommand(keluar);
        animasi2.setCommandListener(this);
    }
    public void startApp() {
        if(layar==null){
            layar=Display.getDisplay(this);
            layar.setCurrent(animasi2);
        }
    }
    public void pauseApp() {
    }
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    public void commandAction(Command c, Displayable d) {
        if(c==keluar){
            notifyDestroyed();
            destroyApp(true);
        }
    }
}
==================
dan berikut ini Listing Program Animasi2.java
import javax.microedition.lcdui.*;
/**
 * @author Galih Abdul Fatah
 */
public class Animasi2 extends Canvas implements Runnable {
    private int a,b,x,y,i;
    public Animasi2(){
        a=getWidth();b=getHeight();
        x=a/20; y=b/20;
    }
    protected void showNotify() {new Thread(this).start();}
    protected void paint(Graphics g) {
        g.setColor(100, 100, 100);
        g.fillRect(0, 0, a, b);
        g.setColor(0, 0, 64);
        g.fillRect(30, 30, a-60, b-60);
        g.setColor(100, 100, 100);
        int ix=i*x;
        int iy=i*y;
        g.fillRect(0, 0, a/2-ix, b);
        g.fillRect(a/2+ix, 0, a/2-ix, b);
        g.fillRect(0, 0, a, b/2-iy);
        g.fillRect(0, b/2+iy, a, b/2-iy);
    }
    public void run() {
        try{
            while(i<=10){
                Thread.sleep(90);
                i++;repaint();
            }
        }catch(InterruptedException e){}
    }
}
berikut ini adalah Tampilan Outputnya :
Rabu, 11 April 2012
Membuat Animasi pada Canvas dalam J2ME
Langganan:
Posting Komentar (Atom)








 
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar