Jumat, 06 April 2012

Mengenal J2ME



Kali ini kita belajar bersama-sama tentang J2ME. Ini bermula dari kesenangan saya dalam pembuatan program aplikasi untuk mobile device.

 Pada dasarnya J2ME itu merupakan bagian dari platform java yang terdiri dari kumpulan dari Java API untuk mengembangkan software yang bersifat kecil, ramping, dan hemat memori. Pada saat ini, J2ME sangat populer untuk pengembangan game pada mobile device dan pengembangan aplikasi-aplikasi mobile. Pada taraf pengembangan aplikasi J2ME memiliki emulator yang dapat dipergunakan untuk tes aplikasi komputer pengembang, sehingga pengembang dapat lebih mudah melakukan coding, testing dan debugging pada emulator yang terdapat pada PC.

J2ME terbagi menjadi 2 bagian, bagian yang pertama merupakan platform yang diperguanakan untuk mengembangkan palikasi taraf small mobile device sedangakan bagian kedua merupakan platform yang dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi pada taraf smart phone mobile device. Untuk tafar small device biasa menggunakan Connected Limited Device Configuration (CLDC) sedangkan untuk taraf smart phone menggunakan Connected Device Configuration (CDC).

CLDC merupakan kumpulan dari Java library yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi dengan taraf small mobile device. CLDC didesain secara khusus agar aplikasi yang dibuat dengan library di CLDC dapat berjalan pada kondisi memori yang terbatas, supply power atau tenaga yang kecil dan kemampuan grafis yang minimum. Konfigurasi dari CLDC terdiri dari set-set library dan fitur dasar dari virtual machine yang diimplementasikan ke dalam lingkungan J2ME.

Mobile Information Device Profile (MIDP) merupakan kumpulan dari library Graphical User Interface (GUI) API. Di dalam MIDP juga terdapat API untuk kepentingan pengembangan aplikasi yang berbasiskan grafik 2D seperti mobile game. Sedangkan MIDlet merupakan aplikasi mobile yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java oleh software developer. MIDlet dapat ditulis sekali dan dapat berjalan pada setiap mobile device yang mendukung spesifikasi Java Mobile.


Referensi :
Krisna, R.B.2009.Membuat Content Mobile dengan J2ME.Jakarta : Mitra Wacana Media.

0 komentar:

Posting Komentar