Sabtu, 07 April 2012

Membuat Aplikasi J2ME Pertama


Rekan-rekan sekalian berikut ini adalah contoh aplikasi yang sangat sederhana yang dibuat menggunakan J2ME. Aplikasi dibuat untuk yang pertama kali mencoba.
Berikut adalah listing programnya :


import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
/**

* @author Galih Abdul Fatah

*/
public class HelloMidlet extends MIDlet implements CommandListener {
private Alert alert;
private Command keluar;
private Display display;

public HelloMidlet(){
alert=new Alert("Hello", "Hello World", null, AlertType.INFO);
keluar=new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
alert.addCommand(keluar);
alert.setTimeout(Alert.FOREVER);
alert.setCommandListener(this);
}

public void startApp() {
if(display==null){
display=Display.getDisplay(this);
display.setCurrent(alert);
}
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if (c==keluar){
notifyDestroyed();
destroyApp(true);
}
}
}

Penjelasan Listing Program :

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*; 

Kedua package di atas merupakan package utama dalam pembuatan aplikasi MIDlet di J2ME. Dimana di dalam package ini berisi class-class yang menangani user interface pada aplikasi J2ME.

public class HelloMidlet extends MIDlet implements CommandListener { 
untuk membuat aplikasi J2ME maka class yang akan kita buat harus diturunkan dari class MIDlet. kita disini menggunakan interface Command Listener karena kita akan beberapa button atau tombol untuk mengontrol aplikasi.

private Alert alert;
private Command keluar;
private Display display; 

 ketiga baris ini adalah kita mendeklarasikan 3 objek yang akan kita gunakan dalam aplikasi. Objek Alert digunakan untuk menampilkan tulisan HelloWorld, keluar merupakan ombol yang akan kita gunakan untuk keluar dari aplikasi dan display merupakan layar utama dari aplikasi J2ME.

public HelloMidlet(){
alert=new Alert("Hello", "Hello World", null, AlertType.INFO);
keluar=new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
alert.addCommand(keluar);
alert.setTimeout(Alert.FOREVER);
alert.setCommandListener(this);
}

listing tersebut merupakan konstruktor yang akan menginisialisasi objek-objek yang akan dipergunakan.

public void startApp() {
}

public void pauseApp() {

}
public void destroyApp(boolean unconditional) {

ketiga method diatas merupakan method-method yang harus ditulis pada aplikasi J2ME, karena ini merupakan siklus. startApp() yaitu saat aplikasi mulai berjalan, pauseApp() yaitu saat aplikasi dihentikan sementara, dan destroyApp() yaitu saat aplikasi keluar.

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if (c==keluar){
notifyDestroyed();
destroyApp(true);
}

method diatas merupakan method yang harus kita tulis ketika mengimplementasikan interface CommandListener. pada method ini kita bisa mendefinisikan aksi-aksi yang harus dilakukan ketika sebuah tombol ditekan.

berikut ini adalah tampilan Output nya:


0 komentar:

Posting Komentar