Rabu, 11 Juli 2012

Fenomena "erep-erep" Pada Saat Tidur - Menurut Ilmiah

Apa itu erep-erep????

kata orang tua saya sih erep-erep itu keadaan dimana kita lumpuh pada saat tidur atau dengan kata lain seperti tertindih oleh sesuatu sehingga pada saat tidur kita  tidak dapat menggerak anggota badan. Hal ini biasa kita hubungkan dengan dunia mistis karena jika orang mengalami hal tersebut dikatakan ada makhluk halus yang menindih kita.

Banyak alasan muncul karena hal itu seperti pada saat sebelum tidur kita tidak membaca doa, atau yang lebih aneh lagi dihubungkan dengan posisi tidur yang dimana tubuh kita ini sejajar dengan suhunan rumah. ckckckckck.....


Dan  saya yakin rekan-rekan  punya cerita  tersendiri tentang fenomena erep-erep ini. Perlu rekan ketahui bahwasanya fenomena ini bukan berkaitan  hal yang mistis. Erep-erep ini dapat dijelaskan dalam dunia medis. Di dalam dunia medis fenomena erep-erep disebut Sleep Paralysis.

Untuk mengetahui bagaimana terjadinya fenomena ini rekan perlu mengetahui dulu tahapan-tahapan dalam proses tidur. Antara lain: 
=>tahap tidur ringan, 
=>tidur lebih dalam, 
=>tidur paling dalam
=>tahap REM (Rapid Eye Movement).

Dalam keadaan normal, tidak akan ada masalah yang terjadi dalam tahap-tahap di atas. Tapi ketika tubuh terlalu lelah atau sebelumnya pernah dalam keadaan kurang tidur, maka tahap-tahap tidur ini akan menjadi kacau karena tubuh dan otak tidak bersamaan memasuki tahap yang sama.

Ketika rekan terlalu lelah atau kurang tidur, otak anda akan sangat cepat memasuki tahap REM dimana biasanya kita bermimpi. Tapi tubuh kita masih berada dalam tahap tidur ringan atau tidur lebih dalam. Ketika kita terbangun dari tahap REM, otak masih berada dalam tahap yang berbeda dengan tubuh. Hasilnya adalah otak menjadi bingung karena tidak bisa mengendalikan tubuh yang juga sedang sibuk berada di tahap tidur yang lain.

 Menurut hasil penelitiannya, Dr.Hirshkowitz menyimpulkan kalau efek ini hanya berlangsung selama beberapa detik hingga paling lama satu menit. Namun, bagi korban, sepertinya pengalaman sleep paralysis berlangsung sangat lama. Jujur saya juga pernah mengalami hal demikian, seperti lama kita mengalami hal tersebut padahal hanya berlangsung beberapa menit saja.



 referensi :
www.ismanurfalah.com

0 komentar:

Posting Komentar