Senin, 23 Juli 2012

Mengenal MIDlet (Mobile Information Device Applet)

MIDlet ( Mobile Information Device Applet ) adalah istilah untuk aplikasi Java ME yang dibangun menggunakan profile MIDP. Sedangkan kumpulan MIDlet disebut MIDlet Suite, dengan demikian kita dapat membangun beberapa aplikasi MIDP (MIDlet) dalam satu file Java Archive (JAR). Sebuah kelas java akan disebut sebuah MIDlet apabila kelas tersebut  merupakan turunan kelas javax.microedition.midlet.MIDlet;

Sebuah aplikasi MIDlet mempunyai tiga kemungkinan kondisi, yaitu active, pause, dan destroy. Saat MIDlet dijalankan, MIDlet akan berada dalam kondisi aktif, apabila saat kondisi aktif tersebut terdapat sebuah interupsi, misalnya panggilan masuk, atau sms masuk, maka aplikasi akan berada pada posisi pause, setelah interupsi berakhir maka aplikasi akan kembali ke kondisi aktif. Adapun kondisi ketiga, destroy (penghaousan/penghancuran MIDlet dari memori volatile) terjadi ketika MIDlet selesai dijalankan, ditutup atau terjadi exception.

Galih Library
 Gambar Siklus hidup MIDlet

Dalam sebuah MIDlet tidak dikenal method main yang dijalankan pertama kali sebagaimana Java SE, namun MIDlet memiliki 3 buah method utama yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi pada sebuah MIDlet. Seperti pada gambar di atas terdapat 3 buah method yang terdapat pada masing-masing kondisi, yaitu method startApp(), pauseApp(), dan destroyApp().

  • Method startApp()
Method ini dipanggil untuk mengaktifkan MIDlet atau saat MIDlet dijalankan pada perangkat. Pada kondisi aktif apabila terjadi kesalahan transient (sementara), maka MIDlet akan diubah ke kondisi pause, sedangkan apabila kesalahan bersifat tetap atau tidak diketahui maka MIDlet akan memasuki kondisi destroy.
  • Method pauseApp()
 Dipanggil ketika MIDlet memasuki kondisi paused dari kondisi aktif. Apabila terjadi sebuah kesalahan MIDlet akan memasuki kondisi destroy.
  • Method destroyApp()
Dipanggil ketika MIDlet memasuki kondisi destroy. Method ini akan melepaskan seluruh resources dan menyimpan persisntent

0 komentar:

Posting Komentar